Merawat Suara Ayam Bekisar Dengan Beberapa Cara

Ayam Bekisar ini sangat banyak di minati oleh beberapa masyarakat indonesia. Hasil persilangan dengan induk ayam hutan hijau dan ayam kampung ini. Maka menghasilkan jenis ayam bekisar yang memiliki suara yang sangat merdu dan mempunyai warna yang bagus sehingga banyak diminati oleh masyarakat indonesia ayam bekisar ini.

Ayam Bekisar ini sangat unik dengan penampilannya sehingga sering di bawa ke acara kontes ayam, akan tetapi untuk menghasilkan ayam yang memiliki suara berkokoh dan bagus maka ada beberapa hal cara dalam merawat ayam bekisar yang perlu kita perhatikan.

https://tajenonline.live/merawat-suara-ayam-bekisar-dengan-beberapa-cara/

https://tajenonline.live/merawat-suara-ayam-bekisar-dengan-beberapa-cara/

Dengan Beberapa Cara Ini Sudah Bisa Merawat Ayam Bekisar

  • 1. Memberikan Pakan Ayam Secukupnya

Apabila kita ingin ayam bekisar memiliki suara yang bagus tentu saja dalam pemberian pakan harus secukupnya. Setiap pakan lebih bagus di campurkan agar bisa menghasilkan suara yang bagus. Ayam bekisar juga bisa menikmati buahan dan sayuran seperti tauge dan kangkung.

Dalam memberikan pakan kepada ayam bekisar tidak perlu diberikan terlalu banyak. Lebih bagus menggunakan takaran pakan secukupnya, agar terhindar dari kegemukan tubuh ayam bekisar, yang dapat merusak suara nya juga.

  • 2. Memberikan Air Minum Ayam Secukupnya

Langkah menjaga ayam bekisar dengan memberi air minum kurang lebih 2 sampai 3 sendok makan saja. Hal ini untuk jaga suara kokok dari ayam bekisar.

Suara ayam yang tidak jernih bisa diketahui dengan timbulnya suara R saat berkokok. Jika ayam bekisar diutamakan untuk berlomba, maka timbulnya suara R ini bisa kurangi penilaian. Untuk membuat suara yang jernih, pemilik ayam bekisar bisa memberi madu murni yang sudah di larutkan pada air minumannya.

Madu benar-benar berfaedah bukan hanya untuk suara ayam yang semakin jernih, tetapi untuk mempertahankan kesehatan dari ayam bekisar. Bila ayam bekisar diutamakan untuk lomba, pasti suara dan kesehatan ayam jadi unsur yang perlu.

  • 3. Selalu Mengecek Kesehatan Ayam Bekisar

Untuk pengawasan ini sangat penting sekali kepada ayam bekisar. Oleh itu pemilik ayam harus dapat mengetahui apakah ayam bekisar miliknya sehat atau tidak. Oleh itu kita harus mengecek keseluruh tubuh maupun dari kotoran ayam bekisar.

Dalam melakukan pengecekan kesehatan Ayam Bekisar bisa melalui dari kotoran Ayam. Apabila kotoran ayam yang memiliki kotoran kuning kehijauan atau berak kapur, berarti kesehatan ayam bekisar tidak baik.

Bagi ayam bekisar dengan keadaan yang sehat jengger nya akan berwarna merah dan berdiri tegak. Penglihatan matanya akan menjadi tajam, nah untuk ini apabila ayam bekisar memiliki sifat agresif. Kecurigaan hal ini tentu sangat di perhatikan ya gays.

Bagaimana cara menghindari hal ini ? Pada ayam masih anakan lebih baik di kurung dalam kandang. Bisa juga diberikan sebuah kain untuk menutupi kandang tersebut, hal ini dilakukan setiap malam hari saja.

ARTIKEL UNIK : CARA MERWAT AYAM ARAB

  • 4. Berjemur Pagi Hari

Apabila terjadi musim hujan, membiarkan ayam di ruang terbuka yang terserang cahaya matahari beberapa waktu supaya ayam masih berasa hangat. Waktu untuk penjemuran ayam yang terbagus adalah sekitar dari jam 8 pagi sampai 10 pagi.

Waktu penjemuran ini berlaku saat pemilik ayam ingin memandikan ayam. Tekankan waktu penjemuran sinar matahari tidak diikuti dengan angin kencang. Dan upayakan waktu penjemuran tidak lebih dari jam 10 pagi. Ini sebab ayam bukannya merasa hangat, tetapi merasa panas yang terbakar. Sinar matahari pada siang hari dapat menghancurkan bulu ayam, hingga turunkan performa dari ayam bekisar.

  • 5. Memberikan Serbuk Obat Alami Untuk Ayam Bekisar

Jika ayam bekisar anda kekurangan yang sehat seperti tidak mood untuk makan atau dalam aktivitas di pagi hari berbeda dari sebelumnya. Maka akan lebih parah jika kita membiarkan gejala gejala pada ayam bekisar ini.

Apabila gejala ingin menular ke ayam yang dewasa akan lebih sulit untuk mengobati ayam bekisar yang sudah dewasa. Di akibat ayam dewasa sangat sulit untuk memakan pakan yang sudah bercampurkan dengan obat sehat.

Untuk melakukan pencampuran pada pakan, lakukanlah dengan mencampurkan dengan pakan kroto. Dikarenakan pakan kroto bisa di berikan sedikit air dengan obat yang akan di campurkan sehingga mudah di konsumsi oleh ayam bekisar.

  • 6. Memberikan Penyutikan Pada Ayam Bekisar

Jika ayam tidak mamiliki nafsu untuk minum atau makan, pasti memberi obat bertambah lebih susah. Langsung bertukar dengan obat tetes atau suntikan.

Pakai alat tetes yang langsung dapat di teteskan ke mulut ayam bekisar. Ini dipandang semakin efisien sebab obat langsung bisa masuk dalam badan ayam. Tekanan obat yang memasukkan ini dengan cepat supaya ayam tidak berasa cemas serta terancam.

Setelah itu memakai suntikan langsung ke pembuluh darah ayam, untuk langkah yang dapat kita lakukan jika ayam bekisar alami sakit yang cukup kronis.

Tetapi untuk menyuntikkan obat ke ayam, membutuhkan orang yang pakar dalam ahli ayam. Jika dalam keluarga anda tidak ada yang pakar dalam ini, lebih bagus memakai dokter hewan.

BACA JUGA : ASAL USUL AYAM BANGKOK THAILAND

  • 7. Lakukan Latihan Suara Pada Ayam Bekisar

Langkah menjaga ayam bekisar setelah itu dengan memberikan latihan pada ayam, supaya ayam bekisar cepat bernada atau gacor dapat diberi dengan latihan untuk tingkatkan suara ayam. Latihan dapat dipakai dengan pertolongan ayam bekisar yang lain.

Kedua ayam yang sama-sama berkompetisi ini dapat tingkatkan suara dari ayam bekisar sendiri. Untuk latihan ayam, dapat dilakukan di waktu pekarangan rumah, atau pada tempat latihan. Tetapi jangan memaksakan ayam saat sedang berlatih, ayam yang cemas serta perlakuan yang kurang baik malah membuat ayam dapat jadi setres.

Ayam yang depresi pastinya tidak keluarkan suara, oleh karena itu saat melatih ayam bekisar lakukan sesuai kekuatan dari ayam itu.

  • 8. Tidak Boleh Berdekatan Dengan Ayam Betina

Memang saat ayam bekisar berdekatan dengan ayam betina, ayam bekisar akan langsung keluarkan suara. Apabila dengan adanya ayam betina, karena itu ayam jantan tetap akan bersuara untuk panggil ayam betina.

Mengakibatkan, ayam bekisar jadi kecapekan hingga tidak dapat mengeluarkan bunyi.Oleh karenanya langkah menjaga ayam bekisar harus juga memerhatikan staminanya. Pasti ini akan bikin rugi jika ayam bekisar sedang diikutkan lomba. Biasanya saat lomba berjalan ayam bekisar akan dijauhkan dengan betinanya, untuk jaga energi dan kejernihan dari suara ayam bekisar. Pada ajang perlombaan peserta dilarang untuk bawa ayam betina supaya tidak bikin rugi semua ayam bekisar yang ikuti lomba.

Oleh karena itu dalam merawat suara ayam bekisar semoga cara seperti di atas bisa membantu untuk mempermudah dalam merawat suara ayam bekisar anda. Sebab jika kita mengikuti beberapa cara dari atas pasti suara ayam bekisar anda di jamin merdu dan enak di dengar. Demikianlah penjelasan dari tajen online untuk kali ini, terima kasih atas kunjungannya.