Bagaimana Cara Perawatan Ayam Tua Secara Singkat

Bagaimana cara perawatan Ayam tua atau ayam yang sudah berumur dalam melakukan perawatan ini tentunya kita harus berhati hati. Mau itu dalam cara memegang atau memandikannya. Dikarenakan ayam tua ini harus dijaga baik dan ayam tua ini tidak bisa digabungkan dengan ayam aduan yang masih muda. Karena ditakutkan pada saat kita mengabungkan kedua ayam ini. Otomatis ayam tua ini pasti mempunyai luka yang sangat parah di akibatkan terkena pukulan ayam aduan yang masih muda. Oleh karena itu tajen online akan menjelaskan bagaimana cara merawat ayam tua ini. Yuk dibaca sampai habis....

Pada setiap pagi hari ayam tua ini sangat bagus diberikan latihan pada bagian sayap, leher, kaki. Latihan ini juga dampak pada pernafasan agar organ tubuh ayam tua ini selalu mempompa pada jantung dan darah nya. Maka dari itu latihan sangat bagus di berikan pada ayam tua ini yang di lakukan pada setiap pagi hari.

https://tajenonline.live/bagaimana-cara-perawatan-ayam-tua-secara-singkat/

https://tajenonline.live/bagaimana-cara-perawatan-ayam-tua-secara-singkat/

Bagaimana Cara Perawatan Ayam Tua Secara Singkat

  • 1. Berikan Latihan Renang

Cara ini patut dilakukan setiap hari, dikarenakan pada saat di pagi hari ayam tua sangat bagus melakukan renang. Hal itu dibagian pada otot kaki akan menjadi kuat, sangat berpengaruh sekali pada otot-otot kaki ayam yang sudah tua. Bagi ayam yang masih muda bisa juga dilakukan pada setiap pagi hari juga, malahan lebih bagus jika ayam yang masih muda diberikan renang pada pagi hari.

  • 2. Berikan Kebebasan

Apabila sudah selesai renang, Berikanlah sebuah kebebasan yang tidak berada dalam kandang lagi. Karena ayam tua ini jika berada di dalam kandang terus akan mudah depresi dan bisa menyebabkan kematian. Maka berikan sebuah kebebasan agar ayam tua ini bisa merasa sebuah kebebasan dan menghirupkan udara segar. Hal ini di berikan paling lama 2 minggu saja, jangan terlalu lama-lama nanti ayam tua tersebut akan hilang jika dibiarkan terlalu lama, hehehe.... lanjut.

  • 3. Berjemur Dibawah Trik Matahari

Sebelumnya kita sudah memberikan sebuah kebebasan pada ayam  tua ini. Dalam kebebasan ini harus diberikan berjemur setelah selesai renang tadi, agar kuman kuman yang berada di tubuh dan bulu ayam tua ini akan mati. Sebab berjemur ini sangat bagus sekali di lakukan pada saat ayam tua diberikan sebuah kebebasan selama 2minggu.

BERKAITAN : Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok

  • 4.  Berikan Pakan Sehat

Pakan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan ayam tua, apabila kita memberikan sebuah jagung, gandum, dedak dan daging lele. Kesehatan jantung pada ayam tua ini semakin meningkat karena ayam yang sudah tua akan sulit mempompa jantung atau sulit bernafas. Maka dari itu berikan beberapa pakan yang sehat bagus di konsumsi juga. Hal ini kita lakukan di setiap hari.

  • 5. Bulu Ayam Tua

Bagi bulu ayam tua yang mengalami kerontokan atau sudah jelas, cara dalam merawatnya pada saat ayam tua sudah selesai renang atau selesai memandikan ayam tua tersebut. Bilaskan pada bagian kedua sayap ayam tua agar bulu dan warna ayam tua masih terlihat cantik dan bagus. Hal ini dilakukan setiap ayam tua selesai mandi atau berenang ya.

Dalam penjelasan singkat ini tajen online akan memberikan sedikit pengetahuan. Bahwa merawat ayam tua ini tidaklah mudah karena ayam tua ini sangat mudah stres dan depresi karena jika terkena dari kedua itu, maka ayam tua ini akan mudah mati. Oleh sebab itu dari ke-lima cara agar terhindar dari yang namanya kematian untuk ayam tua ini. Maka dirawat yang baik dan benar, agar ayam tua ini tetap selalu sehat dan bisa beraktivitas kembali di setiap hari.