Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa Lengkap

Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa Lengkap yang salah satu jenis ayam petarung. Dibandingkan dengan ayam aduan lainnya, ayam bangkok mempunyai perbedaan dan memiliki keunggulan yang tidak dipunyai dengan ayam bangkok lainnya. Selain itu ayam bangkok mempunyai nilai harga yang tinggi maka sangat bagus untuk membudidayakan ayam bangkok.

https://tajenonline.live/panduan-cara-ternak-ayam-bangkok-dari-anakan-sampai-dewasa-lengkap/

https://tajenonline.live/panduan-cara-ternak-ayam-bangkok-dari-anakan-sampai-dewasa-lengkap/

Khususnya cara ternak ayam bangkok ada beberapa hal yang harus di lihatkan agar bisa menghasilkan ayam bangkok super yang berkualitas. Apalagi jika ayam bangkok yang berkualitas mempunyai nilai harga yang tinggi dan sangat menguntungkan bagi para peternak ayam bangkok. Dengan berbagai cara yang mudah yaitu:

  1. Memilih ayam bangkok yang dewasa.
  2. Memilih ayam bangkok jantan dan betina yang sehat.
  3. Tidak ada luka atau sakit-sakitan.
  4. Mempunyai gerakan yang gesit.
  5. Dada ayam bangkok harus terlihat gagah.
  6. Mempunyai bulu yang bagus dan berwarna.
  7. Harus mempunyai nafsu kawin.
  8. Seleksi asal usul indukan ayam bangkok saat membeli, supaya bisa menghasilkan keturunan yang bagus dan mempunyai harga nilai yang tinggi.
  9. Untuk ayam bangkok jantan carilah suara yang berkokok kuat.
  10. Memilih indukan ayam bangkok jantan dengan umur 1 sampai 2.5 tahun.
  11. Jika ayam bangkok betina pilihlah umur sekitar 7 atau 8 bulan.
  12. Mencari letak kandang yang tepat dan bersih agar ayam bangkok merasa nyaman.
  13. Letak kandang ayam bangkok pas di terik cahaya matahari.
  14. Buatlah kandang dengan asupan energi listrik yang sangat mamandai.
  15. Mencari lokasi yang lebih luas, agar jika ada penambahan ayam bangkok maka bisa menaruh penambahan unit lainnya.
  16. Buat jalan yang agak lebar agar memberikan pakan kepada ayam bangkok lebih mudah diberikan.
  17. Yang paling penting, carilah tempat kandang ayam bangkok untuk menghirup udara segar.

Panduan Cara Ternak Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa Lengkap

Dalam peningkatan umur pada pemeliharan dan ternak ayam bangkok harus diketahui khususnya dalam pemisahan atau pengaturan kandang pemberian pakan ayam. Inilah cara membedakan umur ayam bangkok.

  • Ayam Anakan yang berumur dari 0 sampai 6 minggu.
  • Anak Ayam dengan lebih tua dari anakan ayam kisaran berumur 6 sampai 12 minggu.
  • Ayam Muda yang berumur berkisaran 12 sampai 16 minggu.
  • Ayam Dewasa yang memiliki umur 18 sampai 68 minggu.

Cara Ternak Ayam Bangkok

Untuk kandang ayam bangkok kita tidak boleh buat asal-asalan kandang tersebut. Jika bisa buatlah kandang yang bisa membuat ayam bangkok jadi merasa nyaman, seperti cara diatas. Dalam pembuatan kandang ayam bangkok ada yang harus kita perhatikan untuk membuat kandang tersebut. Bahan tidak perlu mahal-mahal juga cukup dengan membeli beberapa bahan yaitu papan kayu, bambu atau bisa menggunakan kikisan rotan. Buatlah kandang yang seperti biasa saja, nantinya jika ayam sudah berumur. Maka harus dipisahkan ke kandang lainnya yang sesuai dengan tingkatan umur ayam bangkok.  Agar lebih mudah dipelihara, selain itu ayam bangkok sangat galak dan mudah untuk betarung.

Kalau untuk kandang ayam dewasa lebih bagus dibuat rongga pada bagian bawah. Agar kotoran ayam bisa langsung jatuh ke bawah tanah dan mudah dibersihkan. Untuk ayam yang berumur dibawah 3 bulan dibagian bawah tidak untuk membuat rongga. Karena kaki ayam akan gampang terjepit atau tersangkut dibagian bawah.

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Sesuai Umur

Untuk pengukuran kandang dengan sesuai umur ayam agar ayam tidak gampang stres atau sakit-sakit. Maka dari kita juga mau ayam kita sehat serta kualitas dari ayam bangkok. Berikut penjelasan ukuran kandang ayam.

  • Ayam Anakan dengan berumur 0 sampai 6 minggu. Sangat bagus jika memiliki kandang dengan ukuran 100cm x 50cm x 20cm dengan jumlah 20 ekor ayam anakan.
  • Anak Ayam dengan berumur 6 sampai 12 minggu. Yang dibutuhkan untuk kandang anak ayam bangkok kisaran 100cm x 100cm x 40cm dengan jumlah 30 ekor anak ayam.
  • Ayam Muda dengan berumur 12 sampai 16 minggu. Lebih bagus dengan ukuran 100cm x 100cm x 60cm dengan jumlah 15 ekor ayam muda.
  • Ayam Dewasa dengan berumur 18 sampai 68 minggu. Biasanya kandang ini dibuat untuk 1 ekor ayam, dengan ukuran 30cm x 30cm x 30cm.

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Sesuai Umur

Memberikan Makanan Dengan Sesuai Umur Ayam Bangkok

  • Memberikan Pakan Ayam Bangkok Berumur 3 Bulan Kebawah.

Dalam pemberikan pakan anak ayam bangkok yang berumur 3 bulan kebawah akan mengalami pertumbuhan gerak yang signifikan. Maka untuk pemberian pakan anak ayam bangkok perlu diperhatikan dan harus memberikan pakan yang mengandung kalsium dan protein yang tinggi. Pemberian pur dengan Vita Chicks bisa menggunakan air hangat secara campur. Tetapi paling diutamakan adalah kebersihan kandang anak ayam bangkok karena akan menghambatkan pertumbuhan dan dapat meracuni anak ayam.

  • Memberikan Pakan Ayam Bangkok Berumur 3-6 Bulan.

Untuk umur ayam bangkok ini lebih membutuhkan karbohidrat dan lemak yang sangat cocok pertumbuhan otot dan daging ayam. Pakan yang cocok diberikan adalah pur agak kasar dicampur dengan nasi. Apabila ayam yang mau mendekati umur 6 bulan penambahan nasi harus dibanyakan lagi agar pertumbuhan lebih cepat si ayam bangkok.

  • Memberikan Pakan Ayam Bangkok Berumur 6 Bulan Keatas.

Ayam bangkok yang mendekati umur dewasa sudah bisa memberikan makanan yang lebih keras lagi. Ada 2 jenis ayam bangkok yang harus kita perhatikan saat memberikan pakan kepada ayam bangkok. Untuk Jenis pukul itu diberikan jagung dan dedak karena makanan yang paling baik untuk diberikan. Sedangkan jenis jalu yang cocok diberikan pakan beras merah, gabah dan konsentrat. Sediakan air minum juga hal itu sangat penting untuk pertumbuhan ayam. Air minum sebaiknya diberikan dengan jumlah tidak terbatas, tetapi juga harus diganti setiap hari untuk menjaga kesegaran dan kebersihan. Tambahkan suplemen vitamin penting ke dalam air minumannya.

Demikian penjelasan terlengkap kami mengenai ayam bangkok ini, semoga bermanfaat bagi untuk anda. Silakan untuk Share Artikel ini.