Berikut Beberapa Cara Membudidayakan Ayam Layer Versi Tajen Online

Dalam membudidayakan ayam layer atau petelur tentu saja banyak yang diminati. Apalagi ayam ini adalah kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat. Untuk budidaya ayam petelur sangat mudah dan sederhana, walaupun mudah dan sederhana semua ada tahap untuk budidaya ayam layer. Maka dari itu Tajen Online akan mengulaskan dalam budidaya ayam layer ini.

Biasanya ayam petelur ini dibudidayakan untuk mengambil telurnya. Jika kita kalkulasikan satu ekor ayam layer bisa menghasilkan 200 telur pertahun. Jika mau mendapatkan jumlah yang banyak maka dilakukan dengan baik dan benar. Oleh karena itu Bagaimana Cara Sukses Beternak Ayam ini, Nantinya akan kami memberikan penjelasanya.

https://tajenonline.live/berikut-beberapa-cara-membudidayakan-ayam-layer-versi-tajen-online/

https://tajenonline.live/berikut-beberapa-cara-membudidayakan-ayam-layer-versi-tajen-online/

Ada 5 Cara Membudidayakan Jenis Ayam Layer Ini.

  • 1. Memilih Anak Ayam Yang Berkualitas

Untuk mencari anak ayam yang berkualitas untuk Ayam layer ada dua cara dilakukan. Pertama, Anda bisa membeli anak ayam petelur dari peternak. Kedua, Anda bisa menetaskan sendiri telur itu. Info, proses dalam pencarian anak ayam berkualitas dari ayam petelur memang sangat mudah. Tetapi, di periksakan kembali anak ayam dari ayam petelur apakah sudah sesuai dengan kriteria nya sebagai berikut.

  1. Anak ayam dari indukan tentunya yang sehat dan berkualitas.
  2. Anak ayam dengan kondisi yang segar dan sehat.
  3. Anak ayam memiliki karakteristik seperti bulu yang halus.
  4. Pertumbuhan anak ayam yang relatif cepat.
  5. Harus sehat dan tidak cacat.
  6. Berat badan dengan ideal.
  7. Anak ayam mempunyai nafsu makan yang banyak.
  • 2. Bentuk Kandang Yang Berkualitas

Jika anda sudah mendapatkan Anak Ayam yang berkualitas, maka selanjutnya harus mencari juga bentuk kandang berkualitas untuk ayam layer. Bentuk kandang berkualitas tergantung pada budidaya ayam anda. Biasanya, langkah budidaya ayam layer buat peternak pemula adalah dengan menggunakan bentuk kandang baterei. Meletakkan ayam layer di kandang baterei tentunya akan mempermudah proses pengumpulan telur.

  • 3. Meletakan Posisi Tempat Kandang

Disaat membudidayakan ayam layer, anda harus pikirkan masalah tempatnya. Karena dalam membudidayakan ayam layer benar-benar harus menghindari berbau yang tidak enak. Dengan berbau yang tidak enak, risiko penyebaran penyakit pada manusia akan makin besar bila jarak kandang begitu dekat dengan pemukiman. Baiknya letakan kandang ayam layer yang benar sebagai berikut.

  1. Jangan berdekatan dengan rumah warga.
  2. Bisa anda kunjungi dengan mudah.
  3. Carilah lokasi yang tetap supaya tidak pindah-pindah lagi.

Baca Juga : Temu Ireng Bagus Bagi Kesehatan Ayam Aduan

  • 4. Memberikan Pakan Yang Sehat Dan Bergizi

Langkah selanjutnya membudidayakan ayam layer dengan pemberian pakan yang bergizi dengan berbagai variasi. Pemberian pakan yang bergizi dengan bervariasi harus anda lakukan supaya ayam petelur mendapatkan nutrisi yang seimbang. Umumnya jenis pakan yang diberi untuk ayam layer terbagi dalam sentrat, tepung ikan atau jagung. Setiap jenis pakan itu memiliki kelebihan dan fungsi sendiri bagi ayam.

Selain bergizi, Anda harus juga memberi pakan pada ayam layer sesuai dengan umurnya. Setiap tahap stater, lakukan pemberian pakan dengan cara teratur saat ayam layer memasuki umur 0-4 minggu. Selain itu, pada tahap finising beri pakan pada ayam layer dengan intensitas 3x sehari di umur 4-6 minggu.

  • 5. Melakukan Pemeriksaan Dan Berikan Vaksinasi

Dengan pemberian pakan yang bergizi selain itu, vaksinasi harus Anda lakukan pada ayam layer supaya vitamin dan nutrisinya terpenuhi. Jika ke dua komponen ini terpenuhi, ketahanan ayam layer akan bertambah. Anda bisa lakukan vaksinasi dengan cara langsung dengan mencampurkannya pada makanan ayam.

Disaat melakukan vaksinasi, Anda harus juga mengecek ayam dengan secara berskala. Supaya bertujuan Anda bisa tahu berapakah jumlah ayam yang sehat maupun tidak. Ayam yang kurang sehat seharusnya Anda pisahkan supaya penyakitnya tidak menyebar. Lalu, dilakukan dengan perawatan secara intensif supaya ayam kembali sehat seperti sebelumnya.

Itulah Beberapa Cara Membudidayakan Ayam Layer Versi Tajen Online. Bagi pemula yang mau mencoba membudidayakan ayam layer sangat bagus. Dikarenakan mempunyai peluang lahan usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi, telur ayam peminatnya sangat banyak yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Jika sudah menjalankan usaha ini, saya sarankan untuk lebih serius dengan mengurus ayam layer ini. Demikian penjelasan tajen online kali ini, terima kasih...