Beberapa Larangan Memberikan Pakan Ayam Aduan

Dalam perawatan Ayam Aduan tentu saja harus dijaga dalam faktor pakan ayam aduan. Karena perawatan yang mudah kita jaga ayam aduan menjadi salah satunya pilihan yang bagus agar si ayam tidak mudah terserang penyakit.

Setiap Ayam Aduan mempunyai beberapa kekurangan jika untuk ayam aduan, yaitu gerak-geriknya terlihat lambat dan pola di arena relatif monoton. Sebab gerak-gerik yang relatif lambat membuat terlihat tidak terlalu lincah, pola selanjutnya bertanding yang monoton membuat arena seringkali usai seri. Dengan kekurangan itu, ayam aduan juga harus dilatih supaya mempunyai kelincahan, selain untuk melatih mental bertanding, dan fisik supaya semakin kuat.

https://tajenonline.live/beberapa-larangan-memberikan-pakan-ayam-aduan/

https://tajenonline.live/beberapa-larangan-memberikan-pakan-ayam-aduan/

Beberapa Larangan Memberikan Pakan Ayam Aduan

Menurut tajen online ada beberapa larangan pakan untuk ayam aduan yang tidak boleh kita berikan. Kenapa? dikarenakan memberikan makanan yang tidak bagus untuk ayam aduan bisa membuat ayam kita mempunyai beberapa masalah yang akan membuat kita kesulitan merawat ayam aduan kita. Berikut beberapa larangan pakan yang harus tidak boleh di berikan.

  • 1. Pakan Kadaluarsa

Larangan pertama adalah tidak boleh memberikan pakan yang kadaluarsa. Karena ayam aduan ini tidak boleh asal sembarangan di berikan pakan. Efek dari pakan yang kadaluarsa tersebut mengandung bakteri yang bisa menghambat pencernaan ayam menjadi terganggu. Seperti diare, mual dan juga muntah bisa juga mengalami keracunan pada ayam aduan.

  • 2. Pakan Yang Basi

Jangan pernah memberikan pakan yang basi untuk ayam aduan, jika bisa berikanlah pakan yang masih bagus, segar dan masih bagus, Karena dampak memberikan pakan yang basi untuk ayam kita akan membuat organ pencernaan ayam menjadi terganggu. Pada pencernaan ayam sangat sensitif sekali akan langsung terkena kembung dan muntah-muntah.

  • 3. Pakan Yang Berjamur

Salah satunya pakan ayam aduan yang seringkali diberi yaitu dedak. Dedak memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga membuat ayam jadi tambah energi. Yang jangan berikanke ayam adalah makanan berjamur. Dedak yang berjamur memang tidak dapat di lihat jika di gelap, tetapi akan berasa saat di pegang. Teksturnya akan menggumpal dan mempunyai bau yang tidak sedap. Makanan yang telah jamuran ini tidak bisa di berikan pada ayam aduan sebab telah memiliki kandungan mikroba.

Cara Memberikan Pakan Yang Bagus Untuk Ayam Aduan

Untuk menghindari larangan memberikan pakan ayam aduan yang perlu diketahui setelah itu bagaimana cara memberi pakan yang bagus. Dengan tahu bagaimanakah cara memberi waktu pakan yang bagus. Berikut panduan memberi pakan ayam aduan yang perlu diperhatikan.

  • Memberikan Pakan Tepat Waktu

Ada banyak penghobi ayam aduan yang menanyakan dengan pertanyaan semacam ini. Adakah waktu spesial dalam pemberian pakan ayam aduan? Tajen Online menjawab ya. Pada dasarnya pemberian pakan ayam aduan tidak ada waktu spesial ya, tapi sebaiknya pemberian pakan ayam aduan diberi di saat yang pas seperti orang makan pada jamnya. Pagi jam 06:00 siang pada pukul 12:00 dan sore jam 17:00. Tetapi umumnya orang memberikan pakan jam siang tidak ada cuma pada jam sore dan pagi. Untuk jam sore upayakan jika ayam aduan ingin tidur, sebab di saat itu ayam aduan tidak keluar banyak energi. Jadi ayam aduan dapat bertambah cepat besar dan gemuk.

  • Berikan Takaran Pakan Yang Tepat

Pakan ayam aduan perlu kita ketahui. Janganlah sampai memberi takaran kurang atau salah sebab bisa mengakibatkan ayam bangkok menjadi kurus jika bisa berikan banyak dari takarannya, bila ayam aduan anda mempunyai badan berat 4kg anda dapat memberi pakan dengan berat 200-250 gram sekali. Pakan bisa anda takar kan dengan mengira-gira atau alat apa saja yang bisa membuat takaran pakan menjadi tepat.

Itulah beberapa ulasan dari tajen online yang membahaskan Beberapa Larangan Memberikan Pakan Ayam Aduan. Semoga artikel ayam ini bisa merawat ayam aduan anda menjadi sehat. silakan di share bagi yang menyukai artikel ini. Terima kasih...